Dump Truck / Truk Dumper: Jenis, Fungsi serta Harga Sewa Dump Truck

Penjelasan Dump Truck / Truk Dumper

Dump Truck atau Truk Dumper adalah salah satu jenis kendaraan yang berfungsi untuk pengangkutan material seperti hasil tambang, batu split, kerikil, tanah, batu dan sebagainya. Saat pengisian muatan peran alat berat atau excavator sangat dibutuhkan dan untuk membongkar muatan biasanya dilakukan cara dengan mengangkat sisi depan bak yang dibantu dengan teknologi hidrolik, sehingga muatan dapat turun ke tempat yang telah ditentukan karena posisi bak miring ke belakang.

Selain untuk angkutan tambang, Dump Truck juga digunakan untuk mobilitas konstruksi. Jenis-jenis dan fungsi Truk Dumper juga beragam menyesuaikan medan yang dilintasi serta target muatan. Berikut beberapa jenis dump truck atau truk dumper:

Side Dump

Sesuai namanya, konsep pengangkutan material Dump Truck tipe side dump melalui sisi samping bak. Jenis Truk Dumper ini seringkali digunakan pada pekerjaan konstruksi. Dump Truck ini dinilai dapat bekerja cukup efisien karena desain pengangkutan barang yang dapat dilakukan dari samping.

Namun dibalik efisiensi Truk Dumper tipe side dump ini dalam pengangkutan, saat menggunakannya, dibutuhkan ketelitian lebih terutama saat pembongkaran muatan. Seperti contohnya ketika mendistribusi material di dalam bak saat pembongkaran tidak boleh ada kelebihan material pada satu sisi karena bisa berakibat fatal pada truk seperti terguling.

Rear Dump

Pemakaian truk dumper tipe Rear Dump ini masih sangat dipengaruhi oleh kondisi lapangan dan kebutuhannya. Tipe ini terbagi lagi menjadi 2 tipe, yakni tipe rear dan tractor wagon dimana tipe tractor wagon tidak sesering penggunaan tipe rear. Tentu truk dumper ini berfungsi untuk memindahkan material dari suatu tempat ke tempat lainnya. Tipe dump truck ini biasanya memiliki bak yang dapat menampung muatan seberat 25 hingga 25 ton.

Off Highway

Tipe truk dumper off highway memiliki tingkat kekuatan dan manuver yang baik. Dump truck tipe ini dapat memuat material lebih dari 20m3, dimana jumlah muatan yang dapat diangkut tersebut jauh lebih besar dari truk dumper tipe On Highway. Meskipun lebih baik dari tipe On Highway, Design loading height dari dump truck ini dinilai memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi ketika ingin melakukan pemuatan karena terlalu tinggi.

On Highway

Truk Dumper tipe ini biasanya hanya memiliki beban muatan maksimal hanya 20m3 saja. Pada bagian depan truk ini terdapat roda penggerak atau 4 WD (Four Wheel Drive). Berbeda dengan truk jenis ini, beberapa dump truk lainnya justru memiliki roda penggerak di bagian belakang yang dikenal dengan nama rear wheel drive.

Bottom Dump

Dump truck jenis ini didesain menggunakan bagian bawah bak yang dapat dibuka dan ditutup yang dimana puntu tersebut digerakkan menggunakan mesin hidrolik sebagai akses untuk melakukan pengangkutan material, mungkin sebab itulah jenis ini dinamakan Bottom Dump.

Truk dumper jenis ini biasanya digunakan untuk mengangkut material yang bersifat lepas seperti kerikil, batuan sedimen, pasir, tanah dan sebagainya. Pembongkaran muatan pada jenis truk dumper ini dilakukan ketika posisi dump truck sedang bergerak.

Harga Sewa Dump Truck

Jika anda sedang mencari jasa untuk penyewaan Dump Truck dan ingin informasi mengenai harga sewa dump truck. Anda bisa menghubungi kami dengan klik disini.

Read More