Kapal Tongkang / Barge / Ponton: Fungsi, Ukuran, Harga Jual, Beli dan Sewa

Kapal Tongkang Barge Ponton Fungsi Ukuran Harga Jual Beli Sewa

Mengenal Kapal Tongkang

Kapal tongkang atau yang biasa disebut Barge ataupun ponton adalah salah satu jenis kapal pengangkut barang yang berbentuk layaknya kotak besar yang terapung. Barge atau Kapal Tongkang ini tidaklah memiliki baling-baling atau mesin penggerak seperti pada umumnya kapal. Untuk berjalan, Kapal tongkang dibantu ditarik oleh Tug Boat (Kapal Tunda) yang terhubung dengan tali penarik di jarak beberapa meter. Kapal tongkang menjadi pilihan utama untuk mengangkut batu bara dalam jumlah yang besar.

Meskipun besar dan memiliki massa ribuan ton, Kapal Tongkang atau Ponton ini tidak mudah tenggelam, hal tersebut bisa terjadi karena kapal tongkang terbuat dari bahan baja yang kepadatannya jauh melebihi tingkat kepadatan air dan juga selain itu karena kapal yang besar memindahkan air yang jumlahnya juga besar.

Fungsi Tongkang

Kapal Tongkang atau Ponton sangat efektif untuk melakukan pengangkutan untuk skala besar yang ada pada saat ini intinya Kapal tongkang adalah alat transportasi laut yang digunakan untuk mengangkut barang-barang bermuatan berat. Mengingat Indonesia yang terdiri dari perairan, rasanya penggunaan kapal tongkang untuk melakukan pengiriman dirasa sangat membantu dan efektif.

Ukuran Kapal Tongkang

Kapal tongkang / Ponton sendiri memiliki jenis-jenis berdasarkan ukuran dan daya muat, antara lain :

Barge 180 ft mampu menampung muatan sekitar 2.000 ton batu bara Barge 230 ft mampu menampung muatan 4.000 ton batu bara Barge 270 ft mampu menampung muatan 1.000 ton batu bara Barge 300 ft mampu menampung muatant 8.000 ton batu bara Barge 330 ft mampu menampung daya angkut 10.000 – 12.000 ton batu bara.

Untuk menemukan ukuran yang kapal butuhkan berdasarkan kapasitasnya seperti dimensi panjang X lebar X tinggi. Tentunya dimensi kapal berbeda-beda di setiap ukurannya.

Harga Jual / Beli Kapal Tongkang

Harga jual atau beli Kapal Tongkang / Barge tergantung kondisi dari kapal tongkang itu sendiri, jika kondisinya baru, tentu akan berbeda dengan harga kapal tongkang yang bekas. Untuk harga kapal baru, mulai dari Rp 40.000.000.000 sedangkan kapal tongkang bekas yang berkisar mulai dari Rp 14.000.000.000.

Harga Sewa Kapal Tongkang

Harga sewa kapal tentunya bergantung pada ukuran kapal, Skema penyewaan Time Charter dan Freight Charter, titik bongkar dan muat. Untuk informasi mengenai harga sewa kapal tongkang, silahkan klik disini.

Read More