Apa itu Logistik, Kegiatan dan Manfaatnya?

Logistik

Logistik merupakan alur rangkaian proses yang mencakup kegiatan dari mulai perencanaan, implementasi, hingga pengawasan terhadap proses perpindahan, baik itu jasa/barang, energi atau sumber daya lain dari titik awal menuju titik penggunaan.

Kegiatan Logistik

Setiap kegiatan logistik pasti memiliki tujuan, antara lain yakni tersedianya suatu barang yang tepat pada tempat serta waktu yang tepat. Biasanya serangkaian kegiatan logistik yang dilaksanakan perusahaan adalah:

Procurement atau proses pengadaan barang

Kegiatan procurement dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan logistik atau sparepart, kegiatan procurement harus dilakukan untuk menghindari ketidak tersediaan pada saat adanya kebutuhan, sehingga kebutuhan gudang dan stok barang yang mulai berkurang harus segera dipenuhi sebelum adanya kebutuhan. Kondisi-kondisi di atas membutuhkan manajemen logistik.

Manufacturing Support atau kegiatan produksi

Kegiatan ekonomi yang menghasilkan, membuat dan menciptakan barang ataupun jasa disebut dengan kegiatan produksi. Secara teknis, produksi dapat juga diartikan sebagai proses dalam membuat atau mengolah sesuatu yang disebut sebagai masukan atau input menjadi sebuah jasa atau barang yang disebut keluaran atau output. Kegiatan produksi merupakan bagian yang penting dalam suatu perekonomian, tanpanya maka akan sulit menambah produktivitas dan menumbuhkan suatu kegiatan ekonomi.

Baca juga: Sirdam: Fungsi Dan Manfaatnya Untuk Konstruksi

Physical Distribution atau Distribusi Fisik

Kegiatan untuk memindahkan barang dalam jangka waktu tertentu disebut dengan distribusi fisik. Perpindahan fisik ini dapat berupa perpindahan barang mentang dari sumber menuju jalur produksi dan perpindahan barang jadi dari jalur produksi ke konsumen akhir.

Manfaat Logistik

Terdapat standar performa yang harus dicapai dalam pelaksanaan kegiatan logistik. Terjadinya keseimbangan antara kualitas pelayanan yang diharapkan customer dengan anggaran yang dikeluarkan untuk mencapai tujuan perusahaan merupakan tingkat performa yang ingin dicapai dalam kegiatan logistik.

Terdapat dua faktor utama yang menentukan tingkat performa logistik, yaitu faktor pelayanan/service yang merupakan tingkat pelayanan perusahaan kepada konsumen serta faktor biaya/cost yang merupakan biaya yang dihabiskan perusahaan untuk menangani pelayanan kepada konsumen.

Jika anda ataupun perusahaan anda membutuhkan jasa logistik terbaik, anda dapat menghubungi kami disini untuk mendapatkan pelayanan terbaik di bidang logistik.

Read More