Mengenal Batu Pecah / Batu Split, Ukuran, Jenis, Fungsi dan Harganya

Batu Split

Batu pecah atau yang biasa juga disebut batu split merupakan batu yang telah melalui proses pembelahan baik itu secara manual atau menggunakan mesin penghancur batu yang disebut Stone Crusher. Setelah terbuat bongkahan batu-batu kecil, batu split tidak langsung digunakan, namun disortir terlebih dahulu berdasarkan ukurannya. Sebab, berbeda ukuran batu split itu berarti berbeda juga fungsinya.

Berikut ini pengelompokan batu split berdasarkan jenis, ukuran beserta fungsinya:

Jenis, Ukuran & Fungsi Batu Pecah / Batu Split

Batu Split 1-1

Batu Split 1-1 atau yang juga disebut batu split screening ini biasanya memiliki ukuran yang standar, yakni antara 3 mm-5 mm. Batu pecah  ukuran ini biasanya sering menjadi bagian untuk material beton non struktural & perkerasan jalan atau aspal.

1-2

Dari konstruksi ringan hingga konstruksi yang berat biasanya menggunakan batu split 1-2 yang dapat dikatakan memiliki ukuran sedang. Batu yang ukurannya berkisar antara 10-20 mm ini banyak ditemukan penggunaanya sebagai bahan tambahan untuk material cor pembangunan gedung.

2-3

Batu pecah yang terdiri dari bahan pasir dan batu ini mempunyai ukuran yang berkisar antara 20-30 mm. Fungsi dari batu split ini banyak ditemukan untuk menjadi bahan tambahan material  untuk melakukan pengecoran, baik itu untuk tembok maupun bahan campuran beton.

Baca juga: Jenis-Jenis Kapal Beserta Fungsinya

3-5

Untuk batu split jenis ini bisa dibilang memiliki ukuran yang cukup besar, yakni berkisar antara 30-50mm. Batu Pecah ukuran 30-50mm biasanya dijadikan untuk campuran alas aspal jalanan serta material lainnya. Batu split ini juga kerap dijadikan sebagai bahan penambah berat untuk pipa yang ditanam di dasar laut, akas dari bantalan rel kereta, serta menjadi bahan campuran untuk beton

5-7

Batu split berukuran jumbo yakni memiliki ketebalan yang berkisar antara 50-70 mm ini merupakan batu hasil gilingan yang secara sengaja diolah untuk menjadi bahan dasar urugan.

Base Course

Batu jenis ini biasanya memiliki fungsi umum sebagai pondasi atas yang biasa digunakan pada konstruksi jalan serta memiliki fungsi utama sebagai bantalan perkerasan, peningkatan efisiensi penggunaan material, lapisan peresapan dan sebagai lapisan dasar struktur perkerasan.

Batu Sirdam

Seperti namanya, sirdam merupakan akronim dari pasir dan makadam, sesuai dengan perpaduan dari batu ini. Batu sirdam termasuk agregat yang diperlukan dalam konstruksi jalan. Batu sirdam menghasilkan pemadatan dan perataan pada komponen bangunan.

Abu Batu

Sebagai agregat halus pengganti pasir pada campuran beton maupun aspal. Dapat digunakan sebagai campuran bahan material bangunan konstruksi.

Harga Batu Split / Batu Pecah

Untuk **harga batu split **selalu mengalami update, untuk mengetahui harga batu split terkini. Kami memiliki tambang dan kami juga jual batu split dengan kualitas terbaik. Untuk mendapatkan harga terupdate, anda dapat segera menghubungi kami disini

Read More