Mengenal Galangan Kapal Serta Cara Kerjanya

Mengenal Galangan Kapal Serta Cara Kerjanya - Dalam dunia kelautan atau anda adalah seorang pekerja yang berhubungan langsung dengan kapal, tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan istilah Galangan Kapal. Dermaga atau industri perkapalan sendiri umumnya sudah ada di beberapa negara. Mulai dari Jepang, China, Korea Selatan, dan tidak ketinggalan yaitu Indonesia.

Industri galangan kapal di tanah air dinilai memiliki daya saing yang sangat tinggi. Hal ini dikarenakan industri yang satu ini mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Secara umum, galangan kapal adalah tempat yang berguna untuk membuat atau bahkan memperbaiki kapal. Penasaran dengan galangan kapalnya? Simak pembahasannya, yuk!

Definisi Galangan Kapal

Sebelum membahas lebih jauh, alangkah baiknya untuk mengetahui apa itu industri perkapalan? Galangan kapal adalah suatu tempat atau lokasi kerja yang telah dirancang dan diperuntukan untuk sebuah kapal. Untuk lebih jelasnya fungsi galangan kapal adalah sebagai tempat membangun, memelihara, dan memperbaiki kapal.

Di lokasi yang khusus dibuat untuk kapal ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas atau peralatan penunjang yang dapat menunjang kinerjanya menjadi jauh lebih baik. Yang juga berguna untuk menghasilkan kapal dengan kualitas yang sangat baik. Bahkan tak jarang, tempat ini juga dijadikan lokasi penghancuran kapal.

Pasalnya, kapal yang akan dipasarkan atau digunakan akan dilakukan uji kelayakan terlebih dahulu. Namun, tidak semua galangan kapal menyediakan fasilitas ini. Kebanyakan terjadi di galangan kapal kering dan keberadaannya di kawasan Asia Selatan. Tidak hanya menawarkan layanan yang sangat lengkap mengenai kebutuhan di atas kapal.

Industri pembuatan kapal juga menawarkan aktivitas yang dapat menambah pengalaman dan kebutuhan Anda. Mulai dari dry dock, gudang bebas debu, bahkan crane. Sedangkan fasilitas lain yang bisa Anda rasakan. Saat menggunakan dan memanfaatkan industri galangan kapal adalah slipway, pengecatan kapal, hingga fabrikasi.

Baca Juga: Penjelasan dan Teknik Peledakan Tambang

Dan tak jarang tempat ini juga menawarkan jasa berupa desain desain, pemasangan plat, pemasangan peralatan, serta uji kelayakan dan klasifikasi. Untuk produksi kapal yang dihasilkan dari industri perkapalan adalah kapal pesiar, kapal pesiar, armada militer, kapal kargo atau penumpang, atau sampai dengan kapal wisata.

Hasil dari produk industri ini sudah terkenal akan keunggulan dan kualitasnya. Namun, di manakah lokasi industri ini? Industri perkapalan merupakan industri atau negara yang memiliki kemampuan dan mampu membangun kapal dalam kapasitas yang besar.

Pada industri galangan kapal di kawasan Eropa, sebagian besar lebih terfragmentasi dibandingkan perusahaan di kawasan Asia. Tidak mengherankan bahwa di Eropa ada lebih banyak perusahaan kecil dengan lokasi terpisah. Bahkan lebih banyak dimiliki oleh pengusaha kecil. Hal ini sangat berbeda dengan industri di Asia yang jauh lebih terintegrasi.

Cara Kerja Galangan Kapal

Sebagaimana diketahui, fungsi industri perkapalan adalah merancang, membuat, memelihara, dan memperbaiki. Dan tidak jarang juga digunakan untuk memasang fasilitas di dalamnya, pengecatan, dan jika tidak layak pakai maka akan dilakukan pembongkaran. Bahkan tak jarang sebuah industri galangan kapal hanya fokus pada beberapa fungsi saja.

Beberapa untuk membuat, memperbaiki, atau bahkan mengambil kedua tugas tersebut. Galangan memiliki tujuan untuk memudahkan perawatan kapal atau jika kapal rusak dan harus diperbaiki. Berat dan struktur kapal sulit untuk diangkat ke darat mencari tempat yang kering, itulah sebabnya galangan kapal dibuat.

Cara kerja galangan kapal adalah dengan mengisi galangan kapal dengan air, setelah kapal berlabuh di galangan, air di galangan dialirkan. Karena adanya gaya ke atas atau gaya apung, maka benda yang terdapat di dalam zat cair akan mengalami penurunan berat. Sehingga hal ini menyebabkan benda yang diangkat di dalam air terasa lebih ringan dibandingkan dengan mengangkat benda di darat.

Sama halnya ketika kapal sedang terapung di galangan dan ada juga yang masih tenggelam, air dilepaskan secara perlahan jika kapal ditopang dengan baik. Setelah air dikeluarkan dari galangan kapal, kapal akan terangkat dan galangan menjadi tempat yang kering.

Demikian ulasan artikel tentang Mengenal Galangan Kapal Serta Cara Kerjanya, semoga bermanfaat.

Read More