CSR: Pengertian, Manfaat, Dan Besar Nominalnya

CSR: Pengertian, Manfaat, Dan Besar Nominalnya

CSR: Pengertian, Manfaat, Dan Besar Nominalnya - Bagi yang bekerja di perusahaan besar tentu tidak asing lagi dengan istilah CSR atau Corporate Social Responsibility. Lalu bagaimana dengan perusahaan menengah dan kecil? Mungkin masih ada yang belum tahu apa itu CSR? Singkatnya, CSR adalah tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab kepada masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi perusahaan.

Program CSR yang dibuat oleh perusahaan biasanya berfokus pada tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dan keberlanjutan. Tindakan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan memasukkan kepedulian lingkungan dan sosial ke dalam bisnis perusahaan. Dengan begitu, setidaknya perusahaan bisa mengurangi jejak negatif mereka di mata masyarakat. Biasanya ide ini dibuat dari bagian humas atau langsung dari pimpinan perusahaan. Untuk lebih jelasnya, berikut definisi, manfaat, dan nilai nominal CSR. Pengertian CSR (Corporate Sosial Responbility)

CSR merupakan suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat atau lingkungan sekitar perusahaan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Contoh program CSR yang dilakukan oleh perusahaan antara lain pemberian beasiswa bagi anak-anak kurang mampu di daerah tersebut, donasi untuk membangun desa yang bersifat sosial dan bermanfaat bagi masyarakat, donasi dana untuk pemeliharaan fasilitas umum. Dan kegiatan sosial lainnya.

CSR sendiri merupakan strategi yang dilakukan perusahaan dalam mengakomodir kepentingan stakeholder-nya. CSR merupakan program yang sangat baik untuk jangka panjang perusahaan, dimana perusahaan yang dapat bertahan dalam jangka panjang lebih penting dari sekedar profitabilitas perusahaan.

Model CSR

Ada beberapa model CSR yang umum diterapkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia, antara lain sebagai berikut:

1. Keterlibatan Langsung

Pada model pertama ini, Perseroan menjalankan program CSR secara langsung dengan menyelenggarakan program CSR sendiri dengan menyalurkan bantuan langsung kepada masyarakat. Dan dalam menjalankan program CSR dengan model keterlibatan langsung ini, perusahaan biasanya menugaskan salah satu pejabatnya.

2. Melalui Yayasan

Model kedua adalah adopsi dari model yang biasanya diterapkan oleh perusahaan-perusahaan di negara maju. Biasanya perusahaan menyediakan dana awal dan dana abadi untuk kegiatan yayasan.

Manfaat CSR

Selain mengurangi risiko kerusakan, CSR merupakan kegiatan yang memiliki banyak manfaat lainnya. Manfaat Corporate Social Responsibility adalah sebagai berikut. Untuk Lingkungan Hidup

Pertama, manfaat CSR adalah membantu menjaga lingkungan. Sebuah perusahaan diminta tidak hanya mengejar keuntungan dalam jangka waktu tertentu, tetapi harus aktif berkontribusi terhadap kualitas lingkungan melalui dana CSR perusahaan.

Untuk Masyarakat

Selanjutnya, manfaat dari tanggung jawab sosial perusahaan adalah untuk berkontribusi kepada masyarakat. Contoh nyata tanggung jawab sosial perusahaan adalah pendirian pabrik di tengah-tengah masyarakat dengan memperhatikan kenyamanan dan keselamatan warga sekitar. Selain itu, CSR perusahaan juga dapat diwujudkan dengan menyerap tenaga kerja dari warga di dalam perusahaan.

Untuk Perusahaan

Selanjutnya, manfaat CSR adalah membantu perusahaan meningkatkan citranya di mata publik. Ketika nama perusahaan sudah terbentuk dengan baik di mata publik, maka proses branding juga akan lebih mudah, apalagi jika masyarakat sasaran merasakan CSR dalam skala nasional, seperti beasiswa sepak bola, membangun sumur di daerah kering, dan lain sebagainya.

Untuk Pemerintah

Terakhir, manfaat tanggung jawab sosial perusahaan adalah untuk mendukung program pemerintah terkait kemajuan bangsa dan negara. CSR merupakan tindakan sosial yang dilakukan perusahaan kepada masyarakat. Oleh karena itu, CSR perusahaan hadir untuk membantu pemerintah dalam menangani berbagai masalah sosial seperti pencemaran lingkungan, pengangguran, kemiskinan, kurangnya fasilitas kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.

Besar Nominal CSR

Besaran nominal CSR yang sering kita lihat di berbagai perusahaan memang sangat bervariasi. Tetapi sebagian besar perusahaan mengalokasikan setidaknya 3% dari laba bersih setiap tahun.

Demikian ulasan artikel tentang CSR: Pengertian, Manfaat, Dan Besar Nominalnya, semoga bermanfaat.

Read More