Quarry vs Crushing Plant, Apa Yang Membedakan?

Quarry dan Crushing Plant merupakan 2 cara yang umum digunakan untuk mendapatkan material batu yang biasanya digunakan sebagai beton. Namun, kendati sama - sama menjadi cara untuk mendapatkan 1 material yang sama, kedua hal ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Hingga kali ini kami akan membahas perbedaan Quarry dan Crushing Plant tersebut. Apa saja itu? Berikut di bawah ini:

Quarry

Quarry adalah sistem tambang terbuka yang diterapkan untuk menggali atau mengeruk bahan tambang seperti galian industri atau material industri yang dimana itu artinya Pengadaan Quarry bisa juga disebut lahan tambang terbuka.

Terdapat beberapa metode di dalam menambang di Quarry, diantaranya pengikisan (untuk kondisi geografis bebatuan yang sangat keras, terkadang diperlukan pengeboran juga), penggalian (untuk quarry dengan batuan kecil), pemanasan (untuk kondisi geografis bebatuan horisontal) dan peledakan (memakai bahan peledak yang terkontrol yang dimasukkan dalam lubang-lubang di batu).

Quarry juga dapat diartikan sebagai lokasi pertambangan batuan atau tanah yang digunakan untuk keperluan proyek seperti tanah material timbunan dan batu. Saat ini, di Indonesia terdapat beberapa Perusahaan pemilik quarry (stone crusher) yang berada pada lokasi yang strategis.

Crushing Plant

Crushing Plant adalah bagian dari industri pertambangan yang dimana prosesnya berupa pengecilan ukuran batuan dari tambang menggunakan serangkaian alat-alat seperti umumnya mesin crusher, hopper, feeder, belt conveyor, screening yang dimana pada dasarnya proses peremukan material oleh crusher berlangsung karena adanya gaya tekan atau kompresi dan gaya geser yang berlangsung silih berganti.

Setiap elemen dari crushing plant memiliki manfaat masing-masing, misalnya mesin peremuk (crusher) yang menghancurkan material besar seperti bebatuan hingga tekstur dan ukurannya sesuai dengan kebutuhan produksi material beton.⁣ Atau conveyor belt yang dipakai untuk membawa material dari satu mesin ke mesin lain di dalam tiap tahapan produksi.

Quarry Yang Kami Miliki

PT Gandasari Group Investama memiliki satu unit bisnis yang bernama PT Alfa Granitama yang bergerak di bidang Tambang Batu Split dan juga Quarry di Bojonegara, Cilegon. Untuk mendapatkan informasi soal baru split. Silahkan kirim permintaan anda disini

Read More