Tug Boat / Kapal Tunda: Ini Jenis Dan Kegunaannya

Tug Boat / Kapal Tunda: Ini Jenis Dan Kegunaannya

Tug Boat / Kapal Tunda: Ini Jenis Dan Kegunaannya- Kapal tunda atau yang biasa disebut Tug Boat adalah kapal yang dapat digunakan untuk menarik atau mendorong kapal lain di pelabuhan, laut lepas dan melalui sungai atau kanal. Kapal tunda ini sebenarnya memiliki banyak kegunaan seperti menarik tongkang, kapal rusak bahkan peralatan lainnya.

Kapal Tunda atau Tug Boat

Kapal Tunda / Tug Boat memiliki tenaga yang besar jika dibandingkan dengan ukurannya. Kapal tunda yang dulu menggunakan mesin uap, sekarang menggunakan mesin diesel. Kapal tunda biasanya antara 750 dan 3000 tenaga kuda (500 sampai 2000 kW), tetapi kapal yang lebih besar (digunakan di laut lepas) dapat mencapai hingga 25.000 tenaga kuda (20.000 kW).

Sebagian besar mesin yang digunakan sama dengan mesin kereta api, tetapi pada kapal yang menggerakkan baling-baling. Dan untuk keselamatan, biasanya digunakan minimal dua mesin utama.

Kegunaan Utama TUG BOAT Atau Kapal Tunda

Pada umumnya kapal tunda atau tug boat diperlukan untuk membantu melabuhkan kapal dari dan ke dermaga, sesuai dengan kemampuan propulsi dan peruntukan yang ditentukan. Berikut ini adalah kegunaan utama dari Tug Boat, yaitu sebagai berikut:

  • • Membantu pelaksanaan mooring-unmooring tanker
  • • Memantau kondisi cuaca
  • • Membantu pekerjaan pemeliharaan atau perbaikan MSS

Melaksanakan penanganan tumpahan minyak, kebakaran dan penyelamatan jika terjadi keadaan darurat di perairan SPM, termasuk melakukan latihan kebakaran dan pencegahan tumpahan minyak secara berkala.

Jenis Kapal Tunda / Tug Boat

Kapal tunda pelabuhan bertugas melayani kapal untuk berlabuh di dermaga. Untuk melakukan tugas ini tergantung pada ukuran kapalnya, disini terdapat satu ,dua atau 3 kapal tunda dapat digunakan. Untuk Posisi ketiga kapal tunda berbeda disaat menderek kapal, berikut ini jenis jenis kapal tunda yang perlu anda ketahui:

  • • Towing Tug Boat atau Kapal Tunda Tarik
  • • Pushing Tug boat atau Kapal Tunda Dorong
  • • Side Tug Boat atau Kapal tunda pelabuhan
  • • Utility Tug atau Kapal tunda serbaguna

Kapal tunda memiliki tenaga yang besar jika dibandingkan dengan ukurannya. Kapal tunda yang dulu menggunakan mesin uap, sekarang menggunakan mesin diesel. Kapal tunda biasanya antara 750 dan 3000 tenaga kuda (500 sampai 2000 kW), tetapi kapal yang lebih besar (digunakan di laut lepas) dapat mencapai hingga 25.000 tenaga kuda (20.000 kW).

Sebagian besar mesin yang digunakan sama dengan mesin kereta api, tetapi pada kapal yang menggerakkan baling-baling. Dan untuk keselamatan, biasanya digunakan minimal dua mesin utama.

Kapal tunda mempunyai kemampuan manuver yang sangat tinggi, tergantung dari unit penggeraknya. Jenis propulsi lainnya yang sering disebut dengan sistem propulsi Schottel (azimuth thruster/Z-peller) dimana propulsi di bawah kapal dapat bergerak 360° atau sistem propulsi Voith-Schneider yang menggunakan sejenis sudu di bawah kapal yang dapat membuat kapal berputar 360°.

Baca Juga: Mengenal Galangan Kapal Serta Cara Kerjanya

Hubungan Kapal Tunda dan Kapal Tongkang

Tug Boat atau kapal tunda adalah kapal yang digunakan untuk menarik atau mendorong tongkang atau kapal jenis lain dengan tenaga mesin yang cukup besar. Karena kapal tunda harus menarik atau mendorong tongkang yang memiliki hambatan cukup besar, maka tenaga kapal tunda juga harus besar. Kapal tunda harus memiliki minimal bahan bakar operasional dan minyak pelumas untuk satu kali perjalanan untuk mengantarkan kargo.

Dulu kapal tunda menggunakan mesin uap, namun sekarang menggunakan mesin diesel. Mesin yang digunakan umumnya sama dengan mesin kereta api, namun mesin diesel tugboat menggerakkan baling-baling. Meski ukuran kapal tunda ini tidak besar, namun tenaga yang dihasilkan memang sangat besar. Kapal tunda minimal harus memiliki dua mesin utama sebagai sistem pengaman.

Tenaga mesin utama yang digunakan berkisar antara 750 hingga 3000 tenaga kuda (500 hingga 2.000 kW), tetapi kapal yang lebih besar (digunakan di laut lepas) dapat memiliki tenaga hingga 25.000 tenaga kuda (20.000 kW). Kapal tunda memiliki kemampuan manuver yang tinggi, yang bergantung pada unit penggeraknya.

Demikian Artikel tentang Kapal Tunda: ini jenis dan kegunaannya semoga bermanfaat, terimakasih. Jika anda membutuhkan sewa tongkang dan tugboat, hubungi kami disini.

Read More